Paus Fransiskus Resmi Pecat Uskup AS, Simak Ini Alasannya

Paus Fransiskus Resmi Pecat Uskup AS, Simak Ini Alasannya



Setapak Rai Numbei (Dalan Inuk) Paus Fransiskus pemimpin agama katolik resmi memecat salah seorang uskup Amerika Serikat (AS), Joseph Strickland.

Keputusan pemecatan uskup Joseph  diambil Paus Fransiskus lantaran beberapa alasan mendasar,  dimana uskup As dikenal sebagai tokoh konservatif terkemuka yang telah berulang kali mengkritik kepausannya.

Pihak Vatikan belum menjelaskan detail penyebab tindakan tersebut.

Dilansir AFP, Minggu kemarin (12/11/2023), pemecatan merupakan hal yang jarang terjadi dalam Gereja Katolik.

di dalam agama katolik pemuka agama senior yang terbukti bermasalah biasanya diminta untuk mengundurkan diri.

Namun, seorang kardinal Amerika mengatakan hal itu terjadi terkait dengan penyelidikan yang diperintahkan oleh Paus Fransiskus terhadap 'semua aspek pemerintahan dan kepemimpinan' di Keuskupan Tyler Strickland di Texas.

Kardinal Daniel DiNardo juga  mengatakan kunjungan apostolik pada bulan Juni lalu telah melaporkan kembali bahwa 'tidak mungkin' bagi uskup Strickland untuk tetap menjabat. Dia mengatakan bahwa Strickland (65) telah diminta pada untuk mengundurkan diri, tetapi menolak sehingga berujung pemecatan.

"Bapa Suci telah melepaskan diri dari pemerintahan pastoral di Keuskupan Tyler (AS) Joseph E Strickland," kata Vatikan dalam sebuah pernyataan yang berhasil dikiutip media ini dari beragam sumber terkait pemecatan uskup AS.

Uskup Austin, Joe Vasquez, telah ditunjuk sebagai administrator apostolik keuskupan tersebut, namun tidak memberikan rincian lebih lanjut.

"Saya mendukung semua hal yang tercantum sebagai keluhan terhadap saya," kata Strickland kepada situs konservatif Katolik Kanada dalam sebuah artikel yang diterbitkan, Sabtu kemarin (11/11/2023).

Ia menambahkan bahwa dirinya tidak menerapkan beberapa reformasi yang dilakukan Paus Fransiskus karena "Saya tidak bisa membuat sebagian dari kawanan saya kelaparan"

"Saya akan melakukannya dengan cara yang sama lagi," katanya seperti dikutip LifeSiteNews.

Sebagai informasi, Strickland diangkat oleh Benediktus XVI pada tahun 2012 dan menjadi salah satu kritikus paling menonjol terhadap Paus Fransiskus.

Paus asal Argentina itu mendapat tentangan keras dari para kritikus -- khususnya di Amerika Serikat -- yang menuduhnya menyebabkan kebingungan dan gagal menjunjung tinggi keyakinan utama Katolik.

Torres mengaku dia telah diberitahu bahwa dia tidak 'taat' kepada Paus dan tidak memiliki hubungan yang cukup baik dengan sesama uskup. Laporan media pada saat itu mencatat bahwa Torres mendukung mereka yang menolak vaksinasi virus corona wajib.*****

Sumber: Detiknews, LifeSiteNews



Suara Numbei

Setapak Rai Numbei adalah sebuah situs online yang berisi berita, artikel dan opini. Menciptakan perusahaan media massa yang profesional dan terpercaya untuk membangun masyarakat yang lebih cerdas dan bijaksana dalam memahami dan menyikapi segala bentuk informasi dan perkembangan teknologi.

Posting Komentar

Silahkan berkomentar hindari isu SARA

Lebih baru Lebih lama