Capres Ganjar soal Istilah SGIE-CCS dalam Debat: Nyari Sesuatu yang Orang Sulit Jawab

Capres Ganjar soal Istilah SGIE-CCS dalam Debat: Nyari Sesuatu yang Orang Sulit Jawab



Setapak Rai Numbei (Dalan Inuk)Ganjar Pranowo berkomentar soal istilah-istilah yang digunakan Gibran Rakabuming Raka dalam debat cawapres pada Jumat malam. Dalam debat, putra Presiden Jokowi itu menyinggung istilah Carbon Capture Storage (CCS) hingga State of the Global Islamic Economy (SGIE).

Gaya Gibran menggunakan istilah asing tersebut disebut Ganjar mengulangi kejadian serupa pada debat Pilpres sebelumnya. Ia tak mempermasalahkan pertanyaan tersebut, tetapi menyarankan agar lebih fokus pada substansi.

"Ya enggak apa-apa, orang namanya juga ingin mencari sesuatu yang barang kali orang lain akan kesulitan menjawab," ujar Ganjar kepada ditemui wartawan di Persawahan Bangodua, Indramayu, Jawa Barat, Sabtu (23/12).

"Sebenarnya enggak apa-apa tapi lebih bagus lagi hal substantif yang disampaikan. Kalau itu SGIE itu mungkin membacanya pakai bahasa Inggris karena itu singkatan bahasa Inggris orang akan mikir, apa, ya," sambungnya.

Ia pun menyinggung bahwa hal yang sama pernah terjadi dalam debat capres sebelumnya. Dalam dua pilpres terakhir, pertarungan terjadi antara Jokowi dan Prabowo.

"Debat presidennya juga pernah terjadi sebelumnya," kata Ganjar sambil tersenyum tanpa menjelaskan lebih lanjut.

"Ya namanya juga anaknya [Jokowi]," pungkas Ganjar yang sepakat dengan pernyataan Hasto yang menyebut strategi Gibran mengulangi strategi bapaknya, Jokowi.

Adapun dalam debat kedua Pilpres 2024 yang digelar di JCC tersebut, Gibran mencecar Cak Imin dengan pertanyaan mengenai strategi untuk menaikkan peringkat Indonesia dalam SGIE.

"Karena Gus Imin ini adalah ketua umum PKB, saya yakin Gus Imin paham untuk masalah ini, bagaimana langkah Gus imin untuk menaikkan Indonesia di SGIE?" tanya Gibran ke Cak Imin dalam debat Pilpres 2024, Jumat (22/12).

Imin mengaku kebingungan dengan pertanyaan yang dilontarkan cawapres nomor urut 2 itu. "Terus terang saya tidak paham SGIE itu apa?" ungkapnya.

Sebelumnya, Gibran bertanya kepada Mahfud MD terkait regulasi Penangkapan dan Penyimpanan Karbon (CCS) yakni salah satu upaya untuk mengurangi emisi gas rumah kaca.

CCS adalah kegiatan mengurangi emisi gas rumah kaca yang mencakup penangkapan emisi karbon dan/atau pengangkutan emisi karbon tertangkap, dan penyimpanan ke zona target injeksi dengan aman dan permanen.

Pertanyaan tersebut dijawab oleh Mahfud MD dengan penjelasan mekanisme pembuatan regulasi, mulai dari pembuatan naskah akademik hingga menjadi sebuah produk hukum.



 

Suara Numbei

Setapak Rai Numbei adalah sebuah situs online yang berisi berita, artikel dan opini. Menciptakan perusahaan media massa yang profesional dan terpercaya untuk membangun masyarakat yang lebih cerdas dan bijaksana dalam memahami dan menyikapi segala bentuk informasi dan perkembangan teknologi.

Posting Komentar

Silahkan berkomentar hindari isu SARA

Lebih baru Lebih lama