Presiden Jokowi Dibuat Terpingkal oleh Ibu di Banyuwangi Saat Bertanya Nama Ibu Kota Baru

Presiden Jokowi Dibuat Terpingkal oleh Ibu di Banyuwangi Saat Bertanya Nama Ibu Kota Baru

Presiden Jokowi memberikan sepeda kepada Ibu Tari di Banyuwangi, Jawa Timur, Rabu (27/12/2023). Foto: Budi Candra Setya/ANTARA FOTO


Setapak Rai Numbei (Dalan Inuk) Presiden Jokowi melakukan kunjungan kerja di Jawa Timur. Kali ini, Jokowi hadir dalam acara Matur Suwun Pak Jokowi yang diadakan oleh Paguyuban Penerima Manfaat Tanah Obyek Reforma Agraria dan Perhutanan Sosial (TORA-PS) Banyuwangi, Rabu (27/12).

Ada momen unik yang terjadi saat Jokowi memberikan sambutan. Seperti biasa, Jokowi memanggil warga untuk naik ke atas panggung. Mereka lalu diberi pertanyaan, yang bisa jawab dapat hadiah sepeda.

Jokowi lalu menunjuk seorang warga untuk naik. Dia seorang ibu muda, namanya Tari. Beda dengan warga sebelumnya, kali ini Jokowi memberi pertanyaan bukan soal membacakan Pancasila. Jokowi bertanya tentang nama ibu kota baru yang sedang dibangun di Kalimantan Timur.

"Ibu kota baru negara Indonesia bernama?" tanya Jokowi.

"Ibu Ipuk," jawab Tari.

Jawaban itu membuat Jokowi dan hadirin tertawa terpingkal-pingkal. Ipuk adalah nama Bupati Banyuwangi — nama lengkapnya Ipuk Fiestiandani, yang hadir di lokasi bersama Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa dan pejabat setempat lainnya.

Presiden Jokowi berbincang dengan warga penerima manfaat Program Tanah Objek Reforma Agraria Perhutanan Sosial (TORA-PS) dalam acara bertajuk Matur Nuwun Pak Jokowi di Ruang Terbuka Hijau Maron, Genteng, Banyuwangi, Jawa Timur, Rabu (27/12/2023). Foto: Budi Candra Setya/ANTARA FOTO


Tari yang sukses mengocok perut RI-1 dan hadirin, terdengar berujar,"Buat lucu dulu, Pak. Buat lucu dulu."

Jokowi lalu meminta Bupati Banyuwangi berdiri.

"Ibu Ipuk berdiri, Bu. Ibu Ipuk itu bupati, biar tidak tegang," kata Jokowi masih tertawa.

Tari lalu menimpali, "Biar enggak tegang, Pak."

Jokowi kemudian mengulangi pertanyaannya, "Ibu negara eh... ibu kota negara baru Indonesia bernama?"

"Bapak Joko Widodo," jawab Tari kembali melucu, lagi-lagi disambut gelak tawa dan riuh hadirin, bakan lebih keras dari sebelumnya.

Jokowi yang tak tahan membendung tawa akhirnya langsung meminta Tari mengambil sepedanya saja. Jokowi mengaku perutnya mengeras karena tertawa.

"Aduh, ini perut saya sudah, pun atos niki [perut saya sudah keras ini]. Bu Tari, sepedanya langsung diambil sudah," ujar Jokowi yang memakai kemeja putih ini.

Presiden Jokowi serahkan BLT El Nino di Kantor Pos Genteng, Rabu (27/12/2023). Foto: Muchlis Jr/Biro Pers Sekretariat Presiden


Jokowi lalu menjelaskan nama ibu kota negara baru Indonesia, yakni Nusantara.

"Yang penting rakyat seneng, nggih mboten [iya tidak]?" ucap Jokowi diamini hadirin.

Sebelum menghadiri acara Matur Suwun Pak Jokowi, Jokowi sudah datang ke kantor Pos Genteng Banyuwangi untuk membagikan BLT El Nino. BLT diberikan sebesar Rp 400 ribu untuk menjaga daya beli masyarakat di tengah kenaikan harga pangan. *** kumparan.com

 


Suara Numbei

Setapak Rai Numbei adalah sebuah situs online yang berisi berita, artikel dan opini. Menciptakan perusahaan media massa yang profesional dan terpercaya untuk membangun masyarakat yang lebih cerdas dan bijaksana dalam memahami dan menyikapi segala bentuk informasi dan perkembangan teknologi.

Posting Komentar

Silahkan berkomentar hindari isu SARA

Lebih baru Lebih lama