Cek Fakta: Kapolres Perempuan Pertama di NTT Potong Dana Operasi Mantap Brata, Apakah Benar?

Cek Fakta: Kapolres Perempuan Pertama di NTT Potong Dana Operasi Mantap Brata, Apakah Benar?



Setapak Rai Numbei (Dalan Inuk)Sebuah video yang mengklaim 40 persen dana Operasi Mantap Brata untuk pengamanan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 di Kabupaten Lembata dipotong, baru-baru ini menghebohkan masyarakat Nusa Tenggara Timur (NTT).

Video tersebut menyebut Kapolres Lembata, Kepolisian Daerah (Polda) NTT, AKBP Josephien Vivick Tjangkung, diduga terlibat dalam pemotongan dana tersebut.

Lantas, benarkah Kapolres perempuan pertama di NTT itu, AKBP Vivick Tjangkung melakukan pemotongan dana Operasi Mantap Brata untuk pengamanan Pemilu 2024?

Dilansir dari Galerisumba.com, pada Minggu, 7 Januari 2024, setelah dilakukan penyelidikan lebih lanjut, video yang diposting oleh akun TikTok @kaki.seribu1 dan mengundang kontroversi di masyarakat tersebut ternyata tidak benar alias hoaks.

"Apa yang disampaikan dalam video tersebut tidak benar," ungkapnya.


Klarifikasi ke Polda NTT

Kapolres Lembata, AKBP Vivick Tjangkung, langsung memberikan klarifikasi kepada Tim Paminal Polda NTT. Dalam klarifikasinya, ia menyampaikan, dana Operasi Mantap Brata telah didistribusikan secara merata kepada seluruh anggota Polres Lembata.

Tim Paminal Polda NTT juga telah melakukan investigasi terkait dugaan pemotongan dana tersebut.

Dari hasil keterangan yang disampaikan, tim menyimpulkan tidak ada pemotongan dana yang terjadi.

Dana operasi tersebut telah sampai kepada para petugas yang bertanggung jawab di lapangan. "Kami ingin menegaskan bahwa klaim dalam video tersebut tidak memiliki dasar dan tidak mencerminkan keadaan sebenarnya" tegasnya.

Sementara itu, di Kota Kupang, sebelumnya juga terjadi penyebaran berita palsu yang menyebut mantan Kaporesta Kupang Kota, Kombes Rishian Krisna, ditahan oleh Mabes Polri.

Namun demikian, berita tersebut telah dipastikan sebagai hoaks setelah pihak berwenang melakukan verifikasi.***





Suara Numbei

Setapak Rai Numbei adalah sebuah situs online yang berisi berita, artikel dan opini. Menciptakan perusahaan media massa yang profesional dan terpercaya untuk membangun masyarakat yang lebih cerdas dan bijaksana dalam memahami dan menyikapi segala bentuk informasi dan perkembangan teknologi.

Posting Komentar

Silahkan berkomentar hindari isu SARA

Lebih baru Lebih lama