Eksotik Wisata NTT, Menjelajahi Pantai Kolbano Wisata Unik di Timor Tengah Selatan

Eksotik Wisata NTT, Menjelajahi Pantai Kolbano Wisata Unik di Timor Tengah Selatan



Suara Numbei Bergema - Pantai Kolbano sudah tidak asing lagi bagi sejumlah orang di NTT.

Pantai yang terletak di Desa Kolbano, Kecamatan Kolbano, Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS), provinsi Nusa Tenggara Timur ini memiliki kekhasan dan keindahan yang tak pernah habis dibicarakan.

Bagi anda yang ingin mengeksplorasi daratan Timor, terkhusus pantai ini, jarak pantai Kolbano dengan kota Kupang dapat ditempuh dengan kendaraan selama 3 sampai 4 jam. Sementara jarak dari kota Soe ke Pantai Kolbano dapat ditempuh dalam waktu 2 sampai 3 jam perjalanan.

Akses untuk sampai ke pantai Kolbano, memang terkendala transportasi umum yang belum lancar. Namun pengunjung dapat menyewa kendaraan di Kupang atau Soe.

Kondisi jalan melewati Kecamatan Batu Putih sudah diaspal. Namun pada beberapa titik terdapat lubang sehingga pengendara perlu berhati-hati.



Selain itu ada juga ternak dan hewan piaraan milik masyarakat pada lokasi tertentu kerap menyeberangi jalan yang dilalui kendaraan. Oleh karena itu perlu berhati-hati. Namun, jangan cemas, itu adalah sisi khas lain yang menarik bagi para pelancong.

Sepanjang perjalanan pengunjung akan menyaksikan keindahan alam yang tak kalah menarik. Ada hamparan luas sawah milik masyarakat di desa Bena, ada bukit-bukit sejauh mata memandang dan bentuk khas beberapa rumah adat.

Tak hanya itu, sepanjang perjalanan juga pengunjung dapat melihat rumah masyarakat yang khas.

Mengapa harus ke pantai Kolbano? Mari kita lihat keistimewaan pantai ini. Tak seperti pantai pada umumnya yang memiliki hamparan pasir di bibir pantai, pantai Kolbano memiliki hamparan batu kecil dengan beragam warna khas dan sangat indah berserakan bebas.

Kekhasan batu kerikil warna-warni yang berserakan bebas di bibir pantai ini menjadi latar penting saat pengunjung mengabadikan momen dan berfoto ria.

Pada salah satu sisi pantai ini, terdapat sebuah batu yang sangat besar. Batu tersebut menjadi ciri khas di Pantai Kolbano. Masyarakat setempat biasa menyebutnya batu besar tersebut Fatu Un. Fatu Un ini juga menjadi salah satu spot foto yang diminati pengunjung.

Dari ketinggian Fatu Un, pengunjung dapat melihat sensasi keindahan pantai ini. Bentangan laut biru dengan kerikil warna-warni dapat dilihat secara jelas dengan sudut pandang yang agak berbeda. Ini tentu menakjubkan.

Sudah tentu akan memberikan sensasi yang berbeda dari pantai pada umumnya ketika anda berlarian atau sekedar berfotoria di sepanjang pantai ini.

Di Pantai Kolbano terdapat fasilitas toilet, kamar mandi dan juga beberapa lopo sejenis bale-bale atau gazebo sebagai tempat istirahat para pengunjung. Namun fasilitas yang ada belum ditata secara maksimal. Tak perlu cemas, keindahan alamnya akan cepat menghipnotis perhatian pengunjung.

Hal yang tak kalah penting, bagi pengunjung yang hendak berwisata ke Pantai Kolbano disarankan untuk membawa bekal makanan dan minuman. Hal ini dikarenakan di sekitar Pantai Kolbano jarang terlihat warung yang menjajakan makanan dan minuman.

Untuk diketahui, tarif masuk sebagai biaya parkir di lokasi ini relatif murah. Setiap kendaraan dikenakan dikenakan tarif Rp. 2.000 sampai Rp. 5.000.

Vino, salah seorang pengunjung pantai Kolbano mengaku kagum dengan pantai ini.

"Pantai Kolbano ini sangat unik dan berbeda dari pantai-pantai lain yang pernah saya kunjungi. Batu warna-warni Kolbano ini bisa menjadi semacam pembeda yang paling kuat," ungkapnya.

Menurut Vino, dia telah 2 kali berwisata ke pantai Kolbano, tetapi keindahan pantai ini tak pernah membuat dirinya merasa kecewa.

"Ini merupakan kali kedua saya mendatangi pantai Kolbano. Saya datang bersama teman-teman dalam rombongan. Kami hanya ingin melepas penat dan menikmati keindahan pantai ini. Mengambil foto dan membuat flog sederhana sudah menjadi kewajiban kalau kita datang ke pantai ini," ujarnya.

Penataan fasilitas menurut pria yang mengaku tinggal di kota Kupang ini perlu ditingkatkan lagi.

"Alamnya sudah sangat indah. Karena itu perlu dijaga bersama. Selain itu untuk fasilitas yang ada perlu ditata lebih maksimal lagi sehingga kelihatan semakin estetis," tuturnya.

Dirinya juga meminta seluruh pengunjung agar menjaga kebersihan dan keindahan pantai Kolbano.

"Pantai Kolbano ini sudah sangat dikenal sehingga bagi para pengunjung, kita semua perlu menjaga kebersihan pantai ini. Kalau kita yang kotori, pantai ini akan terlihat tidak terawat," ujarnya.





 

Suara Numbei

Setapak Rai Numbei adalah sebuah situs online yang berisi berita, artikel dan opini. Menciptakan perusahaan media massa yang profesional dan terpercaya untuk membangun masyarakat yang lebih cerdas dan bijaksana dalam memahami dan menyikapi segala bentuk informasi dan perkembangan teknologi.

Posting Komentar

Silahkan berkomentar hindari isu SARA

Lebih baru Lebih lama