Aduh 2 Kabar Buruk untuk Guru Honorer Menjelang Pendaftaran CPNS dan PPPK 2024

Aduh 2 Kabar Buruk untuk Guru Honorer Menjelang Pendaftaran CPNS dan PPPK 2024



Suara Numbei News - Terdapat 2 kabar yang kurang mengenakan terkhusus bagi guru honorer dan fresh graduate menjelang pendaftaran CPNS dan PPPK 2024.

Simak artikel ini hingga selesai untuk mengetahui selengkapnya.

Kabar Pembukaan Pendaftaran Belum Juga Ada Kejelasan

Harapan para honorer dan fresh graduate untuk mendapatkan kepastian jadwal pendaftaran CPNS 2024 dan PPPK 2024 pupus di tengah banyaknya formasi yang tersedia. 

Dua pejabat pusat, Plt. Karo Humas BKN Nanang Subandi dan Dirjen GTK Kemendikbud Ristek Nunuk Suryani, menyampaikan kabar penundaan jadwal pendaftaran karena belum selesainya penyampaian data rincian kebutuhan pegawai ASN 2024 oleh instansi terkait.

Meskipun tenggat waktu penyampaian data telah diperpanjang hingga 5 April 2024, masih banyak instansi yang belum menyelesaikannya.

Badan Kepegawaian Negara (BKN) selaku Panselnas CASN 2024 memperpanjang batas waktu penyampaian rincian kebutuhan PNS dan PPPK 2024 dimaksud, seperti tertuang dalam surat Nomor: 2308/B-BP.01.01/SD/D/2024 tertanggal 4 April 2024 dan ditandatangani Deputi Bidang Mutasi Kepegawaian BKN Aris Windiyanto.

 “Kami berharap perpanjangan waktu ini bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh instansi untuk mengajukan usulan perincian,” kata Nanang.

 Hal ini berakibat pada perubahan jadwal pendaftaranCPNS dan PPPK 2024 dari rencana awal.

Penundaan ini tentu menjadi kabar buruk bagi para honorer dan fresh graduate yang telah menanti-nantikan pengumuman tersebut. 

Diharapkan instansi terkait dapat segera menyelesaikan penyampaian data kebutuhan ASN 2024 agar jadwal seleksi CPNS dan PPPK 2024 dapat segera ditetapkan.

 

Usulan Formasi PPPK Guru 2024 Hanya Sedikit 

Penjelasan Nanang terkonfirmasi oleh keterangan Dirjen GTK Kemendikbudristek Nunuk Suryani berkaitan dengan usulan formasi PPPK Guru 2024. 

Penundaan ini disebabkan oleh minimnya usulan formasi dari pemerintah daerah (Pemda). Dirjen Nunuk Suryani mengungkapkan kekecewaannya karena usulan formasi PPPK Guru 2024 dari Pemda jauh dari target dan bahkan menurun dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

Minimnya usulan formasi ini berdampak pada gagalnya penuntasan masalah guru honorer. Kemendikbud Ristek menargetkan pengangkatan 1 juta PPPK guru sejak 2020, namun target tersebut terhambat oleh usulan formasi yang minim dari Pemda.

Dikutip dari JPNN.com Dirjen Nunuk memberikan keterangannya “Bagaimana mau selesai kalau usulan formasi PPPK 2024 untuk guru honorer minim sekali, bahkan untuk prioritas satu (P1) saja tidak semua mendapatkan formasi, apalagi yang P3 sampai P4, ” Pada Minggu 21 April lalu.

Namun, hingga masa pengusulan formasi PPPK 2024 melalui e-formasi ditutup KemenPAN-RB, usulan pemda sangat minim, bahkan merosot dibandingkan pada seleksi 2021 hingga 2023.

Nunuk menegaskan bahwa pengangkatan guru PPPK dari honorer membutuhkan penanganan bersama, bukan hanya tugas Kemendikbudristek saja.

Demikian informasi terkait 2 Kabar Buruk untuk Guru Honorer Menjelang Pendaftaran CPNS dan PPPK 2024, semoga segera dapat mendapatkan penyelesaian. ***



 

 

Suara Numbei

Setapak Rai Numbei adalah sebuah situs online yang berisi berita, artikel dan opini. Menciptakan perusahaan media massa yang profesional dan terpercaya untuk membangun masyarakat yang lebih cerdas dan bijaksana dalam memahami dan menyikapi segala bentuk informasi dan perkembangan teknologi.

Posting Komentar

Silahkan berkomentar hindari isu SARA

Lebih baru Lebih lama