Sejumlah Kongregasi dan Ordo Mengikuti Expo Panggilan di Gereja Katolik St. Fransiskus dari Assisi Kolhua Kupang NTT

Sejumlah Kongregasi dan Ordo Mengikuti Expo Panggilan di Gereja Katolik St. Fransiskus dari Assisi Kolhua Kupang NTT

Biarawati dari sejumlah kongregasi yang mengikuti Expo Panggilan di Gereja St. Fransiskus Assisi Kolhua Kupang, Jumat 19 April 2024. 



Suara Numbei News Sejumlah kongregasi dan ordo biarawan, biarawati, rohaniwan atau rohaniwati Katolik mengikuti Expo Panggilan tahun 2024 di Kupang.

Expo Panggilan 2024 yang mengusung tema Dipanggil untuk Menabur Benih Harapan & Membangun Perdamaian berlangsung 19-21 April 2024 di pelataran Gereja St. Fransiskus dari Assisi Kolhua Kupang.

Kegiatan ini bertepatan juga dengan Doa Hari Panggilan Sedunia ke-61 yang jatuh pada hari Minggu 21 April 2024.

Tujuannya menggugah dan mengajak generasi muda Katolik baik laki-laki maupun perempuan mengikuti jalan panggilan menjadi imam, biarawan atau biarawati.

Pantauan Pos Kupang di lokasi expo, Sabtu (20/4/2024), kongregasi yang mengikuti kegiatan tersebut antara lain Ordo Matris Dei (OMD). Ordo ini didirikan St. Yohanes Leonardi.

Ikut pula Kongregasi Putri-putri Maria Dipersembahkan di Bait Allah (DPMT), Susteran Fransiskan (OHFS), Ordo Karmelit (OCD) Indonesia, Kongregasi Suster SSpS, Kongregasi Suster Cinta Kasih Santo Carolus Borromeus (CB) Indonesia, Kongregasi Suster CIJ, dan Kongregasi Putra-putra Hati Tak Bernoda Maria atau para Misionaris Claretian.

Expo Panggilan 2024 dibuka Uskup Agung Kupang terpilih, Mgr. Hironimus Pakaenoni pada Jumat (19/4/2024) malam.

Kala itu Uskup Hironimus didampingi Pastor Paroki St. Fransiskus dari Assisi Kolhua, RD Longginus Bone, Pastor rekan RD Yohakim Konis dan Ketua Pelaksana DPP Adrianus Ceme.

"Kiranya Expo Panggilan dalam rangka memperingati Hari Doa Panggilan Sedunia menjadi daya tarik sendiri bagi anak-anak kita teristimewa yang berada di Paroki St. Fransiskus Assisi Kolhua mengikuti jejak kita sebagai suster, biarawan dan biarawati dalam kongregasi apapun," kata Uskup Hironimus Pakaenoni dalam sambutannya.

"Saya mengucapkan proficiat kepada kongregasi-kongregasi yang terlibat secara secara aktif dalam expo panggilan, juga pastor paroki, pastor rekan dan semua pihak yang mendukung terselenggaranya acara ini," tambah Uskup Hironimus yang akan ditahbiskan 9 Mei 2024.

Acara pembukaan diawali parade peserta expo dipandu drumband pelajar. Mereka bergerak dari lapangan parkir mengelilingi komplek gereja lalu masuk ke pelataran Gereja St. Fransiskus Assisi Kolhua Kupang. Semua peserta pawai memegang lilin yang menyala.

Di pelataran gereja mereka meletakkan lilin dalam lingkaran simbol cinta, melantuan lagu panggilan sambil berpegangan tangan. Setelah itu menari gawi bersama.

Kegiatan Expo Panggilan 2024 akan berakhir pada hari Minggu 21 April 2024. (*) poskupang.com





 

Suara Numbei

Setapak Rai Numbei adalah sebuah situs online yang berisi berita, artikel dan opini. Menciptakan perusahaan media massa yang profesional dan terpercaya untuk membangun masyarakat yang lebih cerdas dan bijaksana dalam memahami dan menyikapi segala bentuk informasi dan perkembangan teknologi.

Posting Komentar

Silahkan berkomentar hindari isu SARA

Lebih baru Lebih lama