banner Menelisik Makna Manusia Dikutuk Untuk Bebas dalam Perspektif Pemikiran Jean Paul Sartre

Menelisik Makna Manusia Dikutuk Untuk Bebas dalam Perspektif Pemikiran Jean Paul Sartre



Suara Numbei News - Jean Paul Sartre merupakan salah satu filsuf paling terkenal di abad ke-20. Namun ia bukan hanya seorang filsuf melainkan juga seorang novelis, penulis naskah drama, dan aktivis politik yang provokatif.

Sartre lahir di Paris pada tahun 1905 dan tinggal di Prancis sepanjang hidupnya. Dia wajib militer selama perang, namun terhindar dari garis depan karena eksotropia, suatu kondisi yang menyebabkan mata kanannya juling. Sebaliknya, ia bertugas sebagai ahli meteorologi, namun ditangkap oleh pasukan Jerman saat mereka menginvasi Prancis pada tahun 1940.

Sartre menghabiskan beberapa bulan di kamp tawanan perang, memanfaatkan sebagian besar waktunya dengan menulis dan kemudian kembali ke Paris yang diduduki, di mana ia tetap ada sepanjang perang.

Sebelum, selama dan setelah perang, ia dan pasangan seumur hidupnya, filsuf dan novelis Simone de Beauvoir, sering mengunjungi kedai-kedai kopi di sekitar Saint-Germain-des-Prés di Paris. Di sana, mereka dan para pemikir terkemuka lainnya pada masa itu, seperti Albert Camus dan Maurice Merleau-Ponty, mengukuhkan klise pemikir bohemian yang merokok dan memperdebatkan hakikat eksistensi, kebebasan, dan penindasan.

Sartre mulai menulis karya filosofisnya yang paling populer, Being and Nothingness, ketika masih berada dalam tahanan selama perang, dan menerbitkannya pada tahun 1943. Di dalamnya, ia menguraikan salah satu tema intinya: fenomenologi, studi tentang pengalaman dan kesadaran.

Belajar dari pengalaman

Banyak filsuf yang datang sebelum Sartre merasa skeptis tentang kemampuan kita untuk mendapatkan kebenaran tentang realitas. Para filsuf dari Plato hingga René Descartes dan Immanuel Kant percaya bahwa penampakan dapat menipu, dan apa yang kita alami di dunia ini mungkin tidak benar-benar mencerminkan dunia sebagaimana adanya. Karena alasan ini, para pemikir ini cenderung menganggap pengalaman kita tidak dapat diandalkan, dan dengan demikian tidak menarik.

Namun Sartre tidak setuju. Dia membangun karya fenomenolog Jerman, Edmund Husserl, untuk memusatkan perhatian pada pengalaman itu sendiri. Dia berpendapat bahwa ada sesuatu yang “benar” tentang pengalaman kita yang layak untuk diteliti, sesuatu yang memberi tahu kita tentang bagaimana kita berinteraksi dengan dunia, bagaimana kita menemukan makna dan bagaimana kita berhubungan dengan orang lain.

Cabang lain dari filsafat Sartre adalah eksistensialisme, yang melihat apa artinya menjadi ada yang mengada seperti yang kita lakukan. Dia mengatakan bahwa kita ada dalam dua eksistensi yang agak kontradiktif pada saat yang bersamaan.

Pertama, kita ada sebagai objek di dunia ini, sama seperti objek lainnya, seperti pohon atau kursi. Dia menyebutnya “faktisitas” kita sederhananya, jumlah total dari fakta-fakta tentang kita.

Cara kedua adalah sebagai subjek. Sebagai makhluk yang sadar, kita memiliki kebebasan dan kekuatan untuk mengubah diri kita untuk melampaui faktisitas kita dan menjadi sesuatu yang lain. Dia menyebutnya “transendensi”, karena kita mampu melampaui faktisitas kita.

Namun demikian, kedua kondisi eksistensi ini tidak mudah untuk disatukan. Sulit untuk menganggap diri kita sebagai objek dan subjek pada saat yang sama, dan ketika kita melakukannya, itu bisa menjadi pengalaman yang meresahkan. Pengalaman ini menciptakan adegan utama dalam novel Sartre yang paling terkenal, Nausea (1938).

Kebebasan dan tanggung jawab

Namun Sartre berpikir bahwa kita dapat melepaskan diri dari kecemasan akan eksistensi. Kita melakukan ini dengan mengakui status kita sebagai objek, tetapi juga merangkul kebebasan kita dan bekerja untuk melampaui apa yang ada pada diri kita dengan mengejar “proyek”.

Sartre berpikir bahwa hal ini penting untuk membuat hidup kita lebih bermakna karena ia percaya bahwa tidak ada pencipta yang maha kuasa yang dapat memberi tahu kita bagaimana kita harus menjalani hidup. Sebaliknya, terserah kepada kita untuk memutuskan bagaimana kita harus hidup, dan menjadi siapa kita seharusnya.

Hal ini memang memberikan beban yang luar biasa pada kita. Sartre dengan terkenal mengakui bahwa kita “dikutuk untuk bebas”. Dia menulis bahwa “manusia” “dikutuk, karena dia tidak menciptakan dirinya sendiri, namun tetap memiliki kebebasan, dan sejak dia dilemparkan ke dunia ini dia bertanggung jawab atas semua yang dia lakukan.”

Kebebasan radikal ini juga berarti kita bertanggung jawab atas perilaku kita sendiri, dan etika bagi Sartre adalah berperilaku dengan cara yang tidak menindas kemampuan orang lain untuk mengekspresikan kebebasan mereka.

Di kemudian hari, Sartre menjadi aktivis politik yang vokal, terutama mencerca kekuatan struktural yang membatasi kebebasan kita, seperti kapitalisme, kolonialisme, dan rasisme. Dia merangkul banyak ide Marx dan mempromosikan komunisme untuk sementara waktu, tetapi akhirnya menjadi kecewa dengan komunisme dan menjauhkan diri dari gerakan tersebut.

Dia terus mendorong kekuatan dan kebebasan yang kita semua miliki, terutama mendorong mereka yang tertindas untuk memperjuangkan kebebasan mereka.

Pada akhir hidupnya di tahun 1980, ia menjadi orang yang terkenal tidak hanya karena novel dan dramanya yang berwawasan luas dan jenaka, tetapi juga karena fenomenologi eksistensialisnya, yang bukan hanya filsafat abstrak, tetapi juga filsafat yang dibangun untuk kehidupan.*



 

Suara Numbei

Setapak Rai Numbei adalah sebuah situs online yang berisi berita, artikel dan opini. Menciptakan perusahaan media massa yang profesional dan terpercaya untuk membangun masyarakat yang lebih cerdas dan bijaksana dalam memahami dan menyikapi segala bentuk informasi dan perkembangan teknologi.

Posting Komentar

Silahkan berkomentar hindari isu SARA

Lebih baru Lebih lama