Daftar Paket yang Direkomendasi Partai NasDem untuk Pilkada Flores Timur, Malaka dan TTU

Daftar Paket yang Direkomendasi Partai NasDem untuk Pilkada Flores Timur, Malaka dan TTU

Ketua Bappilu DPW NasDem NTT Alex Take Ofong (pegang mic) bersama tim 9 DPW NasDem NTT saat memberikan keterangan kepada wartawan. 



Suara Numbei News - Partai NasDem kembali mengeluarkan rekomendasi kepada bakal pasangan calon bupati dan wakil bupati di Provinsi NTT yang akan bertarung dalam Pilkada Serentak 2024.

Rekomendasi terbaru ini diberikan oleh DPP Partai NasDem kepada tiga bakal pasangan yakni pasangan bakal calon bupati dan calon wakil bupati untuk Kabupaten Flores Timur atau Flotim, Kabupaten Malaka dan Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU). 

Ketua Bappilu Nasdem NTT (Tim 9), Alex Ofong mengatakan tiga rekomendasi ini dikeluarkan dalam rapat pleno yang digelar DPP Nasdem pada Senin, 10 juni 2024.

"Tiga rekomendasi lagi dikeluarkan DPP Nasdem yakni untuk Pilkada Flores Timur, Malaka dan TTU. Rekomendasi akan diserahkan oleh Ketua DPD Nasdem NTT kepada tiga paket bakal calon di Nasdem Tower Jakarta," ungkap Alex Ofong, Selasa, 11 Juni 2024. 

Alex Ofong menjelaskan, Nasdem telah memberikan rekomendasi untuk pasangan bakal calon Anton Doni Dihen dan Ignasius Boli Uran untuk Pilkada Flotim, serta pasangan bakal calon Simon Nahak dan Felix Bere Nahak untuk Pilkada Malaka.

Sementara untuk Pilkada TTU, DPP Nasdem memberikan rekomendasi kepada pasangan bakal calon Kristina Muki dan Kornelis Naifatin.

Rekomendasi untuk pasangan bakal calon bupati dan wakil bupati Flotim, lanjut Alex Ofong, rencananya akan diserahkan pada Selasa siang.

Dengan tambahan tiga rekomendasi terbaru itu, maka DPP Nasdem telah mengeluarkan total sembilan rekomendasi pasangan untuk ikut dalam Pilkada Serentak di NTT. 

Satu rekomendasi untuk Pilgub NTT sementara delapan lainnya untuk Pilkada kabupaten di NTT.  

 

Lima Paket 

Diberitakan sebelumnya, Partai Nasdem telah menetapkan rekomendasi untuk lima pasangan atau paket bakal calon kepala daerah di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) yang akan diusung untuk Pilkada 2024. 

Penetapan rekomendasi paket yang terdiri dari pasangan bakal calon bupati-wakil bupati itu berlangsung dalam rapat pleno yang digelar DPP Nasdem pada Rabu, 5 juni 2024 malam. 

Kelima paket bakal calon bupati-wakil bupati itu menjadi paket tunggal di setiap kabupaten yang akan diusung oleh partai besutan Surya Paloh itu.

Ketua Bappilu DPW Nasdem NTT, Alex Take Ofong kepada POS-KUPANG.COM mengatakan, kelima paket bakal calon bupati - wakil bupati telah melalui tahapan untuk menerima rekomendasi partai. Sementara, paket untuk kabupaten lainnya masih sedang berproses di DPP. 

"Hasil rapat pleno terbaru ada 5 paket yang sudah mendapatkana rekomendasi partai," ungkap Alex Ofong.

Dia mengatakan, lima paket itu tertdiri dari paket bakal calon-bupati-wakil bupati untuk Pilkada Manggarai Barat, Nagekeo, Sumba Timur, Sumba Tengah dan Sumba Barat Daya (SBD). 

Untuk Pilkada Manggarai Barat, Nasdem memberikan rekomendasi untuk pasangan Edistasius Endi dan dr. Yulianus Weng atau paket Edi-Weng jilid 2. Pasangan tersebut merupakan pasangan bupati dan wakil bupati petahana. 

Alex Ofong menyebut bahwa paket Edi-Weng jilid 2 berpeluang diusung oleh Nasdem, Gerindra, PKS dan PKB. DPP juga meminta paket itu untuk terus membangun komunikasi untuk partai lainnya. 

Sementara untuk Pilkada Nagekeo, Nasdem juga memberikan rekomendasi kepada pasangan bupati dan wakil bupati petahana Yohanes Don Bosko Do dan Marianus Waja atau yang lebih dikenal paket YES Jilid 2. Paket Yes jilid 2 berpeluang diusung partai Nasdem, Gerindra dan Demokrat.  

Selanjutnya, pasangan Umbu Lili Pekuwali dan Yonathan Hani atau Paket ULP-YH juga mendapat rekomendasi dari Nasdem untuk berlaga di Pilkada Sumba Timur. Pasangan itu berpeluang diusung Golkar, Nasdem dan PKB. 

Sementara untuk Pilkada Sumba Tengah, rekomendasi Nasdem diberikan untuk pasangan Paul Kira dan Martinus Umbu Djoka. Paul Kira merupakan bupati petahana sekaligus Ketua DPC Nasdem Sumba Tengah. Pasangan itu berpeluang diusung Nasdem, Demokrat dan Gerindra.

Selanjutnya untuk Pilkada Sumba Barat Daya (SBD), Nasdem memberikan rekomendasi kepada pasangan Ratu Wulla Talu dan Dominikus Rangga Kaka. Pasangan yang dikenal dengan Paket RWT-AK itu berpeluang diusung Nasdem, PDI Perjuangan dan beberapa partai lainnya. 

Adapun paket bakal calon bupati-wakil bupati lainnya, lanjut Alex Ofong, diharapkan sudah mendapat rekomendasi paling lambat pekan ini.   

"Kita berharap DPP segerea keluarkan rekomendasi buat bakal calon kepala daerah yang sudah punya kepastian pasangan dan koalisi," ungkap dia.  

Sama seperti rekomendasi untuk Pilgub NTT, rekomendasi untuk Pilbup kabupaten se NTT juga hanya diberikan kepada satu pasangan saja.  

"Kita hanya keluarkan satu paket," kata dia. 

 

Usung Kamlasi - Andre Garu

DPP NasDem sebelumnya telah menerbitkan rekomendasi kepada pasangan Simon Petrus Kamlasi alias SPK dan Andre Garu untuk bertarung dalam Pilgub NTT 2024.  

Rekomendasi kepada pasangan Simon Petrus Kamlasi - Andre Garu ditetapkan dalam rapat pleno DPP Partai NasDem yang digelar di NasDem Tower, Jakarta, Rabu 5 Juni 2024 malam.

Alex Ofong mengatakan DPP Partai Nasdem mengeluarkan rekomendasi hanya untuk bakal calon kepala daerah yang sudah berpasangan dan sudah memastikan koalisi partai.   

Ia menjelaskan, setelah mendapat rekomendasi dari Nasdem, maka paket calon gubernur dan calon wakil gubernur sudah boleh untuk melakukan sosialisasi.   

"DPP Nasdem keluarkan rekomendasi untuk yang sudah punya pasangan dan koalisi pasti," ungkap Alex Ofong, Kamis, 6 Juni 2024. 

Ketua Fraksi Nasdem di DPRD NTT itu menyebut bahwa setelah tahapan rekomendasi, masih ada beberapa tahapan yang harus dijalankan oleh bakal calon gubernur - wakil gubernur yakni sekolah kepala daerah. 

"Setelah sekolah kepala daerah maka DPP akan keluarkan SK (surat keputusan)," lanjut dia. 

Ia juga menjelaskan bahwa rekomendasi dan penetapan calon gubernur dan wakil gubernur merupakan rahan DPP Nasdem. Pihak DPW hanya melaksanakan proses teknis untuk menerima pendaftaran dan melakukan pengecekan kelengkapan. 

Dengan penetapan tersebut, kata dia, maka Nasdem memastikan berkoalisi dengan Gerindra untuk Pilgub NTT 2024.  

"Kita hanya kelurkan rekomendasi untuk satu paket saja," pungkas Alex ofong. 

Adapun pasangan Simon Petrus Kamlasi - Andre Garu atau paket Siaga merupakan perpaduan militer dan politisi. Simon Petrus Kamlasi saat ini masih berdinas di Korem 161 Wira Sakti Kupang sebagai Kasrem. 

Sementara Andre Garu merupakan politisi Gerindra yang pada Pileg 2024 lalu maju untuk menjadi DPR RI dari Dapil NTT 1. Andre sebelumnya merupakan Komisioner BKPN RI sejak  2020 hingga 2023 dan pernah menjadi anggota DPD RI pada perioden 2014-2019. (*) poskupang.com





 

Suara Numbei

Setapak Rai Numbei adalah sebuah situs online yang berisi berita, artikel dan opini. Menciptakan perusahaan media massa yang profesional dan terpercaya untuk membangun masyarakat yang lebih cerdas dan bijaksana dalam memahami dan menyikapi segala bentuk informasi dan perkembangan teknologi.

Posting Komentar

Silahkan berkomentar hindari isu SARA

Lebih baru Lebih lama