Menyelami Teori Moral Filsuf Jerman Immanuel Kant (Dunia Filsafat)

Menyelami Teori Moral Filsuf Jerman Immanuel Kant (Dunia Filsafat)



Suara Numbei News - Secara moral, Immanuel Kant adalah seorang deontologis, dari bahasa Yunani yakni ilmu tentang kewajiban. Bagi Kant, moralitas tidak didefinisikan oleh konsekuensi tindakan kita, emosi kita, atau faktor eksternal. Moralitas didefinisikan oleh kewajiban dan tindakan seseorang adalah moral jika itu adalah tindakan yang dimotivasi oleh kewajiban.

Menurut Kant, satu-satunya hal yang baik dalam dirinya sendiri adalah “niat baik.” Niat baik adalah yang mendorong tindakan kita dan mendasari niat tindakan kita. Niat baik adalah ketika bertindak berdasarkan kewajiban.

Kant menganggap niat baik adalah satu-satunya hal yang secara intrinsik bernilai. Jika kita memikirkan tentang kebaikan dan hal-hal lain yang kita hargai, hal-hal tersebut tidak baik tanpa kualifikasi. Misalnya, kita menghargai pengetahuan, tetapi hal-hal tersebut dapat digunakan untuk melakukan kekejaman di dunia, jadi pengetahuan terkadang baik.

Hal yang sama dapat dikatakan tentang keberanian. Kita menghargai keberanian, tetapi seorang pelaku bom bunuh diri juga menunjukkan keberanian. Jadi, keberanian terkadang bisa menjadi baik.

Kita dapat memikirkan contoh-contoh lain juga. Hal ini membuat Kant mengklaim bahwa niat baik adalah satu-satunya hal yang baik tanpa kualifikasi atau satu-satunya hal yang secara intrinsik baik. Dengan demikian, kemauan adalah kemauan baik asalkan bertindak berdasarkan kewajiban.

Kant mengakui bahwa sulit untuk menentukan niat seseorang, jadi dia membuat perbedaan antara bertindak sesuai dengan tugas dan bertindak dari tugas. Untuk mengilustrasikan perbedaan ini, mari kita ambil contoh tiga pemuda yang melihat seorang wanita tua membutuhkan bantuan di seberang jalan.

Pria A memutuskan dia akan membantu wanita itu menyeberang jalan karena jika tidak dia akan merasa bersalah sepanjang hari. Pria B memutuskan dia akan membantu wanita itu menyeberang jalan karena dia mengenalinya sebagai tetangganya, Nyonya Wilson dan Nyonya Wilson membuat kue terbaik di lingkungan itu. Jadi, Pria B membantunya karena dia beralasan bahwa dia akan diberi penghargaan. Pria C memutuskan dia akan membantu wanita itu menyeberang jalan karena itu adalah hal yang benar untuk dilakukan; dia mengerti bahwa dia memiliki kewajiban moral untuk membantu orang lain yang membutuhkan ketika dia bisa.

Hasil dari tindakan ketiga individu tersebut sama, wanita itu dibantu menyeberang jalan. Jika kita melihat ini dari perspektif utilitarian, ketiga pemuda itu akan terpuji secara moral karena dalam ketiga kasus tersebut, kebahagiaan atau kesejahteraan meningkat (atau rasa sakit berkurang). Akan tetapi, bagi Kant, hanya satu dari tindakan pemuda itu yang memiliki nilai moral dan itu adalah Pria C. Ia memahami apa kewajiban moralnya dan ia bertindak berdasarkan kewajiban itu. Dua lainnya bertindak hanya sesuai dengan kewajiban mereka didorong oleh beberapa tujuan atau keinginan lain selain dari kewajiban itu sendiri.

Kewajiban adalah prinsip yang memandu tindakan kita. Kewajiban adalah keharusan dalam artian bahwa kewajiban memberi tahu kita apa yang harus dilakukan. Kant mengakui ada dua jenis imperatif yakni imperatif hipotetis dan imperatif kategoris.

Imperatif pada dasarnya adalah suatu keharusan; sesuatu yang harus saya lakukan. Imperatif hipotetis adalah keharusan yang mengarahkan tindakan saya asalkan saya memiliki tujuan atau minat tertentu. Faktanya, imperatif ini sepenuhnya bergantung pada tujuan atau minat saya.

Misalnya, jika saya ingin menjadi pemain basket yang baik, saya harus berlatih lemparan bebas atau jika saya ingin masuk sekolah hukum, saya harus mengambil kelas logika. Jika saya mengubah tujuan saya dan memutuskan untuk menjadi pemain bisbol atau tukang las, maka imperatif saya juga dapat berubah.

Imperatif hipotetis tidak ada hubungannya dengan moralitas. Namun, imperatif kategoris tidak bergantung pada keinginan atau hasrat saya. Ini perlu dan selalu mengikat dan merupakan keharusan yang menentukan apa kewajiban moral kita. Bahkan jika saya tidak ingin membantu orang tua menyeberang jalan, jika saya memiliki kewajiban untuk melakukannya, kewajiban saya mengikat. Kita semua seharusnya cukup terbiasa dengan perasaan bahwa kita harus melakukan sesuatu meskipun kita lebih suka melakukan hal lain.

Teori moral Kant memiliki tiga rumus untuk imperatif kategoris. Jadi, jika Anda menghadapi dilema moral, Anda harus menentukan apakah tindakan Anda diizinkan atau tidak menurut rumus tersebut. Sederhananya, anggaplah rumus tersebut sebagai ujian yang harus dilalui agar suatu prinsip atau tindakan dapat dikatakan bermoral.

Rumus pertama menyatakan bahwa kita harus bertindak sedemikian rupa sehingga prinsip atau prinsip tindakan kita dapat dikehendaki sebagai hukum universal. Jika prinsip Anda tidak dapat diuniversalkan, maka tindakan itu tidak dapat dibenarkan secara moral.

Misalnya, jika saya mempertimbangkan untuk mencuri sepotong roti, saya harus bertanya pada diri sendiri apakah prinsip saya dapat dijadikan hukum universal. Ini akan terlihat seperti ini: Apakah boleh bagi semua orang untuk mencuri sepanjang waktu? Jawabannya adalah tidak; prinsip itu sendiri akan merugikan diri sendiri karena jika setiap orang mencuri sepanjang waktu, tidak akan ada kepemilikan pribadi dan pencurian tidak akan mungkin lagi dilakukan.

Rumus kedua menyatakan bahwa kita harus memperlakukan manusia (diri sendiri dan orang lain) sebagai tujuan dan bukan sekadar sarana. Pada dasarnya, ini berarti bahwa saya memperlakukan semua orang dengan rasa hormat dan bermartabat. Saya membantu orang lain mencapai tujuan mereka jika memungkinkan dan saya menghindari menggunakan mereka sebagai alat atau objek untuk mencapai tujuan saya sendiri. Bagi Kant, karena manusia memiliki kapasitas untuk otonomi dan rasionalitas, sangat penting bagi kita untuk memperlakukan manusia dengan rasa hormat dan bermartabat.

Rumus ketiga menyatakan bahwa kita bertindak berdasarkan prinsip-prinsip yang dapat diterima dalam komunitas agen rasional lainnya. Rumus ketiga, “tujuan,” menggerakkan kita dari tingkat individu ke tingkat sosial.

Singkatnya, filsafat moral Kant berfokus pada keadilan dan nilai individu. Metodenya bertumpu pada kemampuan kita untuk bernalar, otonomi kita (yaitu kemampuan kita untuk memberi diri kita hukum moral dan mengatur hidup kita sendiri), dan konsistensi logis. Ia juga menawarkan pengertian moralitas yang objektif dalam bentuk tugas-tugas absolut, tugas-tugas yang mengikat terlepas dari keinginan, tujuan, atau hasil.*



 

Suara Numbei

Setapak Rai Numbei adalah sebuah situs online yang berisi berita, artikel dan opini. Menciptakan perusahaan media massa yang profesional dan terpercaya untuk membangun masyarakat yang lebih cerdas dan bijaksana dalam memahami dan menyikapi segala bentuk informasi dan perkembangan teknologi.

Posting Komentar

Silahkan berkomentar hindari isu SARA

Lebih baru Lebih lama