Speedboat Tenggelam di Perairan Pulau Komodo Manggarai Barat Angkut 16 Turis, Ada 12 Wisman

Speedboat Tenggelam di Perairan Pulau Komodo Manggarai Barat Angkut 16 Turis, Ada 12 Wisman

Foto: Speedboat atau kapal cepat terbalik saat menuju Pulau Komodo, NTT, Kamis (1/8/2024). (Dok. SAR Labuan Bajo)



Suara Numbei News - Kapal cepat (speedboat) yang tenggelam di perairan Pulau Komodo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT), mengangkut sebanyak 16 turis. Speedboat itu diketahui bernama Refviero.

Sebanyak 16 turis yang diangkut terdiri atas 12 wisatawan mancanegara (wisman) dan empat wisatawan nusantara (wisnus). Satu di antaranya adalah anak-anak.

"Ya," kata Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas III Labuan Bajo Stephanus Risdiyanto membenarkan manifes penumpang berjumlah 16 wisatawan yang diangkut speedboat itu.

Stephanus sedang dalam perjalanan mengevakuasi para turis itu ke Labuan Bajo. Ia belum bisa menjelaskan kronologi lengkap insiden kapal cepat itu. Stephanus hanya memastikan seluruh wisatawan itu dalam kondisi sehat.

"Penumpang dan awak kapal selamat, tidak ada luka," ujar Stephanus.

Speedboat Refviero berangkat dari Pelabuhan Labuan Bajo dengan tujuan Pulau Komodo. Kapal cepat itu tenggelam di perairan antara Long Pink Beach dengan Pulau Komodo.

Penumpang dan kru berhasil diselamatkan oleh kapal cepat dan kapal wisata lain yang melintas di dekat lokasi kejadian. Speedboat Refviero sudah ditarik ke pinggir pantai dan penumpang dievakuasi dengan selamat.

Sebuah video yang diperoleh detikBali memperlihatkan detik-detik penyelamatan penumpang speedboat tersebut. Kapal cepat Refviero terlihat tenggelam dalam posisi miring.

Sejumlah kapal cepat dan kapal wisata lain terlihat mendekati perahu cepat yang tenggelam itu dan menyelamatkan penumpangnya. Para wisatawan itu terlihat berenang memakai pelampung sebelum naik ke kapal yang menolong mereka.

Sebelumnya, sebuah kapal cepat yang mengangkut wisatawan tenggelam di perairan Taman Nasional Komodo, pagi tadi. Speedboat itu terbalik di perairan antara Long Pink Beach dengan Pulau Komodo. Kapal cepat itu dalam perjalanan ke Pulau Komodo.

"Terbalik di depan Long Pink Beach 1, dalam perjalanan ke Loh Liang Pulau Komodo," ungkap salah satu saksi mata di lokasi, Abdul Salam, Kamis (1/8/2024).

Abdul adalah salah satu pedagang di sana. Dia melihat langsung kejadian itu dari tempat dia berjualan suvenir di Long Pink Beach.

Abdul mengatakan penumpang speedboat itu diselamatkan oleh speedboat dan kapal wisata lainnya yang melintas di dekat lokasi kejadian. Kapal cepat itu sudah ditarik ke pinggir pantai.

"Sudah ditarik ke pinggir pantai oleh dua kapal wisata juga," ujar Abdul.




Suara Numbei

Setapak Rai Numbei adalah sebuah situs online yang berisi berita, artikel dan opini. Menciptakan perusahaan media massa yang profesional dan terpercaya untuk membangun masyarakat yang lebih cerdas dan bijaksana dalam memahami dan menyikapi segala bentuk informasi dan perkembangan teknologi.

Posting Komentar

Silahkan berkomentar hindari isu SARA

Lebih baru Lebih lama