Ilustrasi kekompakan dalam kerja tim
”Tidak
Ada Kamu, KerjaTidak Seru!” hal pertama
kali yang terlintas saat melihat tulisan besar di kaos seorang teman, kali
ini mengundang sebuah pertanyaan. Apa benar kita tidak akan bisa bekerja tanpa
teman yang lain?
Tidak dipaksakan, namun
bisa diciptakan. Begitulah kiranya gambaran bagaimana membangun hubungan yang
erat antar karyawan perusahaan. Mengingat pentingnya hubungan antar karyawan,
dalam rangka membangun lingkungan kerja yang baik dan supportive, berbagai
program dan kegiatan dilakukan oleh perusahaan.
Lalu, apa jawaban untuk
pertanyaan diatas? Kekompakan sebuah tim dalam perusahaan jelas merupakan hal
yang sangat penting. Kenapa? Karena kita semua memiliki satu tujuan yang sama.
Dengan memiliki tujuan yang sama, maka seluruh karyawan harus dapat berkomunikasi
dan bekerja sama dengan baik.
Sebuah tim dapat
dikatakan memiliki kekompakan saat masing - masing anggotanya memiliki ikatan
satu sama lain yang menghubungkan mereka secara keseluruhan. Kekompakan
merupakan sejauh mana setiap individu dalam tim bersatu untuk mengejar tujuan
bersama.
Tim dapat dikatakan
kompak bila setiap individu fokus pada setiap proses yang menjadi tujuan
bersama bukan pada pribadi antar individu dalam tim, menghormati satu sama
lain, berpikir positif, memiliki komitmen atas keputusan yang telah ditetapkan
dalam tim, serta menciptakan tanggungjawab dalam tim.
Tim yang memiliki
kekompakan juga memiliki semangat yang lebih tinggi. Karena komunikasi setiap
individu dalam tim mengalami peningkatan, lingkungan dalam tim menjadi lebih
ramah dan hangat, serta setiap individu dalam tim memiliki loyalitas dan
kontribusi dalam proses pengambilan keputusan.
Keberhasilan tim
biasanya dilakukan oleh tim yang efektif yang memiliki tingkat kekompakan
tinggi dalam tim. Tim yang memiliki kekompakan lebih berkomitmen pada tujuan
dan kegiatan.
Untuk mendapatkan
inspirasi dan motivasi yang bisa menumbuhkan rasa percaya diri kita pada
kehidupan tidak hanya dengan mendengarkan seminar seorang motivator yang
terkenal, banyak cara yang lainnya. Contohnya seperti kalimat diatas adalah
syair sebuah lagu yang saat ini lagi tren dikalangan anak-anak muda, kalau kita
amati syair lagu diatas mengandung kalimat motivasi yang mampu mengisnpirasi
bagi orang yang mendengarkan lagu tersebut.
Seperti yang kita ketahui bersama bahwa masih banyak cara atau ide-ide yang
perlu dilakukan agar bisa menjadi kuat, hebat dan tak terkalahkan, salah
satunya adalah bekerja bersama-sama secara TEAM. Yang menjadi pertanyaan
adalah mampukah hal ini di lakukan secara maksimal? dengan harapan bisa
menjadikan usaha atau bisnis tetap unggul di saat persaingan bisnis semakin
ketat, konsumen yang semakin kritis dan pasar global semakin menggila.
Apakah yang
dimaksud TEAM itu?
Sobat, disini kita akan
membahas dan mencoba untuk menelaah atau mengartikan kepanjangan dari kata-kata
TEAM, kata TEAM merupakan singkatan dari Team Work, Excellence,
Achieving dan Moving Forward. Mari kita bersama-sama mencoba untuk
menerjemahkan arti kata-kata tersebut kedalaman Bahasa Indonesia, yang mana
kata-kata tersebut diatas bisa diartikan sebagai berikut :
Team Work
Team work bisa
diartikan kerja tim atau kerjasama, team work atau kerja sama tim merupakan
bentuk kerja kelompok dengan keterampilan yang saling melengkapi serta
berkomitmen untuk mencapai target yang sudah disepakati sebelumnya untuk
mencapai tujuan bersama secara efektif dan efisien. Harus disadari bahwa
teamwork merupakan peleburan berbagai pribadi yang menjadi satu pribadi untuk
mencapai tujuan bersama. Tujuan tersebut bukanlah tujuan pribadi, bukan tujuan
ketua tim, bukan pula tujuan dari pribadi yang paling populer di tim.
Dalam sebuah tim yang
dibutuhkan adalah kemauan untuk saling bergandeng-tangan menyelesaikan
pekerjaan. Bisa jadi satu orang tidak menyelesaikan pekerjaan atau tidak ahli
dalam pekerjaan A, namun dapat dikerjakan oleh anggota tim lainnya. Inilah yang
dimaksudkan dengan kerja tim, beban dibagi untuk satu tujuan bersama.
Saling mengerti dan mendukung satu sama lain merupakan kunci kesuksesan dari
teamwork. Jangan pernah mengabaikan pengertian dan dukungan ini. Meskipun
terjadi perselisihan antar pribadi, namun dalam tim harus segera
menyingkirkannya terlebih dahulu. Bila tidak kehidupan dalam tim jelas akan
terganggu, bahkan dalam satu tim bisa jadi berasal dari latar belakang divisi
yang berbeda yang terkadang menyimpan pula perselisihan. Makanya sangat penting
untuk menyadari bahwa kebersamaan sebagai anggota tim di atas segalanya.
Sementara untuk
membentuk dan membangun team work yang solid, tentu tidak semudah kita
membalikan telapak tangan, team work yang solid akan menciptakan hasil yang
maksimal dalam suatu tim tersebut. Ada beberapa poin-poin penting yang harus
diketahui atau perlu di mengerti demi kebersamaan dalam sebuah team work yang
baik, adapun poin-poin tersebut adalah sebagai berikut :
1.
Teamwork adalah
kerjasama dalam tim yang biasanya dibentuk dari beragam divisi dan kepentingan.
2. Filosofi
teamwork: ‘Saya mengerjakan apa yang anda tidak bisa dan anda mengerjakan
apa yang saya tidak bisa'.
3.
Ketika berada
dalam teamwork, segala ego pribadi, sektoral, deparment harus disingkirkan.
4.
Dalam teamwork
yang dikejar untuk dicapai adalah target bersama, bukan individual.
5.
Keragaman
individu dalam teamwork memang sebuah nilai plus namun bisa menjadi minus jika
tidak ada saling pengertian.
6.
Saling pengertian
terhadap karakter masing-masing anggota team akan menjadi modal sukses bersama.
7. Jika setiap
orang bekerjasama via bidang masing-masing, target korporasi pasti akan segera
terealisasi.
8. Individu yang
egois mengejar target pribadi akan menghambat keberhasilan team. Bayangkan jika si A
mengejar target A & si B mengejar target B, lalu target bersama bermuara
kemana?
9.
Keahlian
masing-masing sungguh menjadi anugerah dalam teamwork yang akan mempercepat
proses pencapaian target.
10. Kendalikan ego dan emosi saat bersama agar
pergesekan tidak berujung pada pemutusan kerjasama.
11. Dengan pemahaman yang tinggi soal karakter
individu dalam team, realisasi target tidak perlu waktu yang lama.
12. Ingatlah selalu bahwa: ‘Teamwork makes the
dream work’.
Sobat, teamwork yang solid akan mampu memberikan hasil yang maksimal, tentu
karena kerja keras tim yang didukung oleh superman-superman sebagai anggota tim
sehingga bisa menghasilkan pemikiran-pemikiran yang hebat, ide-ide yang super,
bisa memberikan hasil yang maksimal dan luar biasa dalam superteam tersebut.
Sekiranya seperti itulah pengertian tentang teamwork yang selama ini sering
kita dengarkan dan sering kita bicarakan baik dalam lingkup lingkungan kerja
dan dalam lingkup saat kita bermasyarakat.
Excellence
Excellence bisa diartikan prima, unggul atau keunggulan yang
dapat diartikan sebagai hasil atau output dari proses yang sistematik dan sah
atau legal untuk mendapatkan dan menganalisa informasi mengenai pesaing bisnis
yang telah ada dan potensial. Outputnya mungkin terdiri atas rencana atau
pemikiran yang saat ini dilakukan pesaing, fokus mereka, kegiatan atau program
yang sedang dijalankan. Keunggulan juga mungkin terdiri atas penilaian akan
kekuatan dan kelemahan yang dimiliki pesaing serta identifikasi peluang serta
hambatan secara keseluruhan yang dibutuhkan perusahaan untuk membuat keputusan
yang baik.
Dalam lingkungan yang kompetitif, ketahanan
keunggulan bergantung pada kesehatan bisnis yang sehat dan memiliki keunggulan
yang kompetitif. Ramuan penting dari keunggulan yang kompetitif adalah
pengetahuan akan peluang dan ancaman yang dimiliki pesaing, serta tidak kalah
penting adalah pengetahuan akan kekuatan dan kelemahan relatif yang dimiliki
pesaing terhadap bisnis kita.
Keunggulan yang kompetitif adalah kemampuan untuk
memformulasi strategi pencapaian peluang profit melalui maksimisasi penerimaan
dari investasi yang dilakukan. Sekurang-kurangnya ada dua prinsip pokok untuk
meraih keunggulan yang kompetitif yaitu adanya nilai pandang pelanggan dan
keunikan produk. Jadi ada berbagai macam definisi keunggulan yang kompetitif
jika di lihat dari lingkunganya itu sendiri. Jika didefinisikan secara umum
keunggulan kompetitif adalah suatu keunggulan atau juga bisa di sebut sebagai
potensial yang menunjang suatu unsur yang begitu kompleks.
Peningkatan keunggulan dan peningkatan service harus dilakukan secara terus
menerus dan selalu diasah agar pelayanan terhadap pelanggan pun meningkat dari
waktu ke waktu. Peran karyawan dalam suatu perusahaan menentukan kelangsungan
perusahaan itu sendiri. Apabila mutu pelayanan meningkat, dampak pada
perusahaan secara menyeluruh akan dapat dirasakan pula oleh para karyawannya.
Akhir-akhir ini kita sering mendengar kata atau
istilah 'Service Excellence',
kemudian ada juga yang sekarang ini muncul Service Excellence Award yang baru saja kita raih. Hal ini
diharapkan mampu mendorong perusahaan-perusahaan swasta maupun non swasta
saling berlomba-lomba untuk memberikan sebuah Service Excellence dan pelayanan yang terbaik kepada konsumennya.
Achieving
Achieving bisa di artikan capai atau
mencapai target, yang bisa diartikan keinginan atau tekad untuk bekerja dengan
lebih baik atau melampaui standart prestasi atau target, standart tersebut bisa
berupa prestasi diri sendiri dimasa lampau, ukuran yang obyektif yang melebihi
orang lain, sasaran yang menantang atau sesuatu yang belum pernah dilakukan
oleh orang lain. Hal ini bisa menjadi dorongan untuk bertindak lebih baik dan
efisien.
Orang yang tidak berprestasi atau orang yang tidak mempunyai standart prestasi
dalam bekerja adalah orang yang tidak menunjukan perhatian khusus terhadap
pekerjaannya, hanya melakukan apa yang di butuhkan dan hasilnya tidak memenuhi
standart kinerja yang baik. Adapun orang yang berprestasi akan selalu memiliki
ciri-ciri sebagai berikut :
a.
Bekerja dengan
baik untuk mencapai suatu target
·
Mencoba bekerja
dengan baik atau benar.
·
Mengekspresikan
keinginan untuk bekerja dengan lebih baik.
·
Merasa tidak
puas bila melihat ketidakefisienan di tempat kerja (misalnya mengeluh karena
waktu yang terbuang) tapi tidak melakukan tindakan perbaikan yang spesifik.
b.
Mencapai standar prestasi yang ditentukan
·
Memenuhi standar
prestasi atau target yang ditetapkan oleh manajemen.
·
Bekerja keras
untuk memenuhi persyaratan yang ditentukan (kualitas maupun waktu).
·
Membuat
‘milestone’ (target perantara), jadwal dan tenggat waktu untuk setiap tugas.
c.
Meningkatkan kinerja
·
Memperbaiki
sistem atau metode kerja untuk meningkatkan kinerja.
·
Bekerja dengan
lebih efisien, lebih cepat, dengan biaya lebih rendah.
·
Meningkatkan
pelayanan kepada pelanggan.
d.
Menentapkan dan
mencapai sasaran yang menantang
·
Menetapkan
sasaran yang menantang dalam arti sasaran yang cukup sulit untuk dicapai namun
realistis.
·
Merealisasikan
ide-ide baru yang belum pernah dicoba.
·
Membuat target
untuk diri sendiri yang melebihi target yang diberikan oleh perusahaan yang
mengharuskan untuk bekerja lebih keras tetapi masih dalam batas yang realistis.
e.
Membuat analisis
cost-benefit
·
Membuat
keputusan dan menetapkan prioritas atau memilih sasaran berdasarkan perhitungan
input dan output.
·
Memikirkan
tentang resiko dan keuntungan yang ditimbulkan dari suatu tindakan.
·
Menganalisa
hasil kerja baik dari segi finansial maupun non finansial.
·
Melakukan studi
atau analisa kelayakan.
f.
Mengambil resiko
yang diperhitungkan
Membuat komitmen
dalam menyediakan sumber daya dan waktu yang signifikan (dalam situasi yang
tidak pasti) untuk meningkatkan keuntungan.
Mencoba membuat
produk baru seraya mengambil tindakan untuk meminimalkan resiko, misalnya
melakukan riset pasar.
Luar biasa
sobat, mencapai target adalah kewajiban kita semua yang sudah menjadi komitmen
terhadap manajemen perusahaan.
Tentu banyak hal yang perlu dilakukan untuk mencapai target tersebut dan tetap
semangat sobat, kita adalah pemenang dan bisa mencapai target yang luar biasa.
Moving
Forward
Moving Forward dapat diartikan bergerak terus-menerus atau
melangkah lebih maju kedepan, bisa juga dijabarkan sebagai suatu usaha yang
dilakukan secara terus-menerus pada suatu pekerjaan atau usaha tertentu yang
bertujuan untuk melangkah lebih maju dan lebih baik dari saat ini.
Langkah-langkah untuk menjadi maju, selangkah lebih maju dengan yang lain (
kompetitor ) adalah sangatlah penting dalam suatu perusahaan sehingga bisa
terciptakan perusahaan yang dinamis dan mampu mengikuti tren perubahan jaman.
Setiap bidang pekerjaan yang geluti pastinya mengikuti kemajuan perubahan jaman
maka kita harus siap dengan perubahan tersebut.
Dalam suatu bisnis, tentu kita pernah berangan-angan
mengenai masa depan bisnis kita walaupun bentuknya sedikit berbeda dengan
kenyataannya. Survivor dalam suatu bisnis perlu berantisipasi dengan
memfokuskan pada kebutuhan pelanggan di masa depan. Bisa jadi berfokus pada
pelanggan adalah satu-satunya jalan keluar di masa sulit, karena tanpa
pelanggan, perusahaan tidak bisa meneruskan bisnisnya.
Ada beberapa faktor-faktor yang mendukung kemajuan
perusahaan atau membuat perusahaan lebih maju dari sekarang dalam menjalankan
suatu bisnis atau usahanya adalah sebagai berikut:
a)
Product
Product bisa berupa barang atau jasa yang dipasarkan kepada konsumen untuk
konsumsi atau untuk digunakan manfaatnya. Suatu product atau jasa yang unggul,
berkualitas tinggi dan mampu memberikan manfaat yang lebih kepada konsumen akan
menjadikan market atau penjualan menjadi tinggi.
b)
Sistem
Sebuah sistem yang modern dengan mengikuti kemajuan teknologi yang berkembang
saat ini akan mampu bersaing dalam suatu bisnis tertentu dan mampu menjawab
atau mengikuti tren teknologi yang bertujuan mempermudah pelanggan mencari,
membeli dan menikmati suatu product.
c)
Strategi
Perubahan-perubahan yang terjadi dalam suatu product atau jasa dan sistem
teknologi yang semakin lama semakin canggih akan mendorong kita untuk berpikir
bagaimana strategis yang cocok untuk menentukan langkah. Strategi bisa berjalan
dengan dukungan dari product yang unggul dan sistem yang canggih.
d)
Karyawan
Dari ketiga faktor tersebut diatas tidak bisa berjalan tanpa adanya tenaga yang
bekerja militan atau user yang menjalankan bisnis, individu menjadi faktor yang
paling penting dalam hal kemajuan suatu perusahaan.
Kemampuan setiap
individu dalam kerja tim akan dapat mengubah dan mempengaruhi orang lain untuk
membeli atau menggunakan produk atau jasa suatu perusahaan untuk memenuhi
kebutuhannya, tentu dengan produk yang unggul dan sesuai dengan manfaatnya akan
mampu memikat hati pelanggan. Sebuah sistem yang canggih dan strategi modern
yang selalu mengikuti tren kemajuan teknologi akan membantu karyawan untuk
menjual product kepada pelanggan.
Sekiranya seperti itulah sobat untuk menjadikan perusahaan ataupun sebuah organisasi yang maju dengan kita
selalu begerak terus-menerus maju kedepan dengan memaksimalkan segala pikiran,
ide-ide serta mampu menjalankan rencana masa depan perusahaan.
***
Inspirasi Jalan Setapak Akar Rumput
Selasa, 16 Maret 2021